Pembagian Kunci

Hari ini merupakan hari yang dinanti - nanti oleh para penyintas gempa atau warga yang rumahnya rusak akibat gempa bumi November 2022 tahun lalu karena akan diserahkan kunci rumah relokasi. Untuk pembangunan rumah ini jauh lebih cepat dari target yang dibayangkan sebelumnya, maka dari itu hari ini hunian tetap akan diserahkan kepada para penyintas gempa”

Demikian yang di kemukakan Bupati Cianjur H. Herman Suherman Saat Menyerahkan Kunci Rumah Hunian Tetap Relokasi Secara Simbolis kepada Korban Bencana Gempa Bumi Cianjur bertempat di Kp. Cipeujeuh RT/RW 01/05 Desa Mulyasari Kec. Mande Kab. Cianjur. Rabu 16/08/2023.

Lanjutnya Bupati menyampaikan bahwa hunian tetap itu juga sudah dilengkapi sarana, prasarana, dan pasilitas umum (PSU) berupa sambungan listrik, tempat ibadah, saluran air bersih dan juga sanitasi oleh Kementerian PUPR, sehingga masyarakat tidak perlu repot - repot mengurusi itu semua.

“Segera di musyawarahkan untuk di bentuk organisasi pengurus RT, RW dan DKM yang akan mengakomodir dan mengatur serta memfasilitasi warga agar semuanya bisa terwadahi, saya akan segera berkordinasi dengan Dishub agar segera mengakomodir jalur transportasi angkot.” kata Bupati

Lebih lanjutnya Bupati menyampaikan akan diadakan program pelatihan UMKM untuk menunjang mata pencaharian karena apabila masih menggunakan yang dilokasi gempa maka akan membutuhkan ongkos yang tidak sedikit, dan untuk yang manula akan diberikan PKH (Program Keluarga Harapan).

Kemudian untuk pembuatan KTP baru nanti Kadisdukcapil Capil beserta stafnya akan langsung datang kesini untuk mendata, kemudian Dinkes dengan stafnya akan kesini seminggu atau sebulan sekali untuk melaksanakan pengecekan kesehatan.

Bupati berharap kepada warga terdampak untuk manfaatkan hunian tetap itu dengan sebaik-baiknya, menjaga lingkungan dan bersosialisasi dengan baik, jangan sampai ada perpecahan atau masalah - masalah lainnya yang menganggu keberlangsungan hidup para hunian tetap disini. Pungkas Bupati. (Adm)